Pencegahan Kanker Payudara

Kapan sebaiknya Anda Melakukan

Pemeriksaan Kanker Payudara

Kanker payudara selalu menjadi ancaman bagi semua wanita. Karena kanker ini sifatnya menyerang secara tiba-tiba, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara dini terhadap kondisi payudara Anda.

Dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, SpOg(K) dalm seminar selamat dari kanker Payudara, Sabtu 07/07/2012 menginformasikan kepada para wanita gar mulai mengikuti gerakn SADARI yaitu kependekan dari pemeriksaan payudara sendiri. Jika Anda merasakan adanya benjolan pada payudara, Anda dapat melakukan pemijatan sendiri atau melakukan pemeriksaan klinis mammografi ke dokter.

SADARI dilakukan dalam 2 posisi yaitu posisi berdiri dapat dilakukan ketika mandi dengan melumuri tangan denga sabun agar lebih licin ketika meraba payudara. Posisi tidur dilakukan dengan berbaring diatas tempat tidur. Salah satu tangan di angkat ketika melakukan pemeriksaan. Perabaan dimulai dengan teknik pola jam, yaitu meraba dengan gerakan memijat searah jarum jam 12, kemudian pindah ke arah jam 3, 6, 9 dan kembali kearah jam 12. Setelah itu, perabaan kedua dilakukan dengan pola juring atau irisan yaitu meraba payudara dengan gerakan melingkar dari luar kedalam. Selanjutnya dengan teknik mengusap payudara naik turun. Waktu yang paling tepat untuk melakukan SADARI adalah 1 minggu sampai 10 hari setelah menstruasi. Pada saat itu kondisi payudara sudah tidak bengkak karena perubahan hormon pada saat menstruasi dan lebih longgar. The Americcan Cancer Society menganjurkan wanita untuk melakukan SADARI mulai usia 15 thn dan tetap melakukan pemeriksaan sampai usia 40 thn.

Pemeriksaan dengan metode mammogafi juga harus dilakukan setiap 2 tahun sekali terhadap wanita yang menopause tetapi tidak memiliki riwayat dari keluarganya. Jika keluarga anda memiliki riwayat kanker payudara, lakukn mammografi
setiap 1 tahun sekali. Jika Anda terbukti menderita kanker payudara, maka segeralah mengambil keputusan untuk melakukan mastektomi atau pengangkatan sel kanker. Pengobatan lebih dini terhadap kanker payudara akan lebih baik sebelum sel kanker menyebar ke bagian tubuh yang lain. (Dara Syadillah)


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s